Keuntungan Menggunakan VPS Server

Virtual Private Server (VPS) atau dikenal juga dengan Virtual Dedicated Server (VDS) atau Virtual Server merupakan  teknologi server side yang  memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar di bagi menjadi beberapa mesin virtual. Setiap mesin virtual ini memberikan layanan layaknya seperti sebuah server dedicated dengan beberapa batasan tertentu.

Web Hosting biasa memilik keterbatasan terhadap aplikasi yang dapat dijalankan karena user hanya memilik hak akses hanya sebagai user level biasa. Jika user membutuhkan aplikasi serta resources yang lebih handal maka dibutuhkan sebuah dedicated server untuk dapat mengakomodir kebutuhan ini. Biaya untuk sebuah dedicated server tentunya sangat besar karena user diharuskan membeli / menyewa sebuah server yang diletakkan di data center. Sedangkan VPS server memberikan layanan serta resources layaknya seperti dedicated server tetapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Teknologi ini merupakan jembatan penghubung bagi perusahaan atau personal yang menginginkan fasilitas dedicated server dengan harga yang lebih murah.

Apa saja kegunaan dan fungsi VPS ? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Web Hosting

VPS sangat populer digunakan untuk menyediakan web hosting. Layanan ini sangat tepat untuk level menengah dan corporate website, dimana aplikasi membutuhkan konfigurasi yang spesifik dan hanya bisa di lakukan oleh superuser. Penggunaan ini juga cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan budget yang terbatas namun mengininkan layanan yang berkualitas. Variasi paket Virtual Private Server memungkinkan untuk bisnis web hosting bisa dengan mudah melakukan upgrade sejalan dengan bertumbuhnya customer baru.

Application Hosting

Virtual Private Server sangat memungkinan untuk digunakan sebagai aplication hosting tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal untuk membeli dedicated server ataupun colocation. Melakukan outsource development aplikasi juga sudah menjadi trend untuk menghemat budget sehingga investasi jauh lebih efisien.

Development / Test Environments

Pengembanngan software atau aplikasi online dapat dilakukan dengan VPS server, sebagai lingkungan test yang handa dan reliable VPS dapat digunakan untuk melakukan serangkaian development testing yang efisien.

Educational Outpost

Bagi anda atau perusahaan yang ingin mempelajari atau bereksperiment dengan berbagai operating system VPS server dapat memberikan lingkungan pembelajaran yang sangat handal sebagai remote server. Proses pembelajaran maupun eksperimen dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan VPS.

Backup Server

Kebutuhan backup server untuk menjamin layanan selalu berjalan normal adalah sangat penting. Backup server ini bisa meliputi website, mail, file, dan database. Semua layanan ini berada dalam kondisi fisik dan logical yang terpisah sehingga meminimalisasi kerusakaan atau kehilangan data.

Keunggulan VPS Dibanding Dedicated Server

Memang saat ini dedicated server dianggap yang terbaik oleh banyak orang soal urusan web hosting. Tapi, ternyata VPS yang memiliki kepanjangan Virtual Private Server ini mempunyai tiga keunggulan atas dedicated server.

    Hemat: Walaupun resource yang dipakai oleh VPS di data center terbagi dengan klien lain, biaya untuk menyewa VPS server tersebut pun bisa lebih kecil karena klien lain juga menanggungnya.
    Upgrade Tanpa Waktu Lama: Dengan VPS, Anda tidak perlu menunggu waktu lama jika Anda memutuskan untuk upgrade atau downgrade. Sebaliknya, dedicated tidak mudah untuk diupgrade dan dipindahkan tanpa hardware tambahan yang notabene butuh waktu lebih.
    Fungsi Mirip: Ternyata VPS memiliki fungsi yang mirip dedicated. Anda bisa install apa saja di onfigurasi manapun yang menurut Anda paling cocok.

Tergantung kebutuhan Anda, VPS bisa menawarkan kinerja yang sama dengan dedicated dengan biaya yang lebih murah dan tanpa waktu lama untuk upgrade. Virtual Private Server bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin bergelut di dunia hosting tanpa menghabiskan dana secara dramatis.

Manfaat Menggunakan VPS
Saat ini, ada tiga jenis web hosting Indonesia: VPS, shared, dan dedicated server. Bisa dibilang, VPS adalah titik tengah antara shared dan dedicated. Dengan VPS, pelanggan bisa menggunakan server yang berfungsi mirip dedicated dengan harga hampir semurah shared.

Setiap VPS mampu menjalankan sistem operasi penuh dan dapat direboot secara terpisah walaupun diinstall di komputer yang sama dengan virtual machine lain. Setiap virtual machine memiliki fungsi yang sama dengan komputer sungguhan sehingga privasi setiap klien akan terjaga. Singkatnya, kebanyakan fitur VPS bisa dimasukkan ke fitur shared dan dedicated walaupun sebagai opsi paling murah

Virtualisasi server juga membantu dalam konsolidasi server yang nantinya menyebabkan optimisasi biaya. Biaya VPS di data center juga bisa ditekan dengan mengurangi infrastruktur fisik sehingga tidak begitu peralatan listrik, real estate, dan HVAC. Manajemen dan perawatannya juga bisa diserahkan ke pihak penyedia sehingga pelanggan tidak perlu kerepotan mengurus server mereka.

Beberapa kelebihan VPS di atas diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para pelanggan yang ingin mencari layanan web hosting yang mempunyai kinerja bagus dan juga biaya murah.

Pelajari juga tentang VPS HOSTING

sumber link : http://www.tekun.net/keuntungan-menggunakan-vps-server/

Keuntungan Menggunakan VPS Server Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Topenk